Tambah Penghasilan Anda

Selamat datang di blog informasi Teknologi, saya ucapkan selamat menikmati suguhan saya mulai dari AntiVirus, Berita Kontes, Dunia Teknologi, Keamanan Jaringan, Tak Berarti, Tips and tricks, Virus hingga informasi mengenai teknologi terbaru yang di gunakan banyak orang di dunia. Jadi selamat menikmati deh!!!!!!!!!!!

Friday 9 October 2009

Bedakah HTTP dan HTTPS

Kalau ada yang bertanya apakah berbeda HTTP dan HTTPs?? jelas beda jumlah hurufnya aja udah beda. wkwkwkwkwkwk. Tapi jika memang ingin tau lebih dalam tentang HTTP dan HTTPs saya rasa mungkin artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian semuanya tentang Bedakah HTTP dan HTTPS.


HTTP merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam WWW. protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus, dan generik, yang dapat dipergunakan dalam berbagai macam tipe dokumen. Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh W3C dan kelompok kerja internet Engineering Task Force (IETF). Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat TCP/IP ke port tertentu di Remote Host (port 80). Yang merupakan sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirimkan kode permintaan (request), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki berbagai informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikuti dengan badan dari data tertentu.

HTTPs merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol over Secure Socket Layer. yang secara singkat dapat saya katakan adalah versi aman dari HTTP. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi sandi. selain menggunakan komunikasi plain teks, HTTPs juga menyandikan data sesi protokol SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol ini memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middles attack. Pada umumnya port HTTPs adalah 443.

Sedangkan software server yang berfungsi untuk menerima permintaan dari HTTP dan HTTPs adalah Web Browser.

Bagaimana, udah tau donk apakah HTTP dan HTTPs berbeda atau tidak?

Semoga artikel ini bermanfaat

Also read the following article