Tambah Penghasilan Anda

Selamat datang di blog informasi Teknologi, saya ucapkan selamat menikmati suguhan saya mulai dari AntiVirus, Berita Kontes, Dunia Teknologi, Keamanan Jaringan, Tak Berarti, Tips and tricks, Virus hingga informasi mengenai teknologi terbaru yang di gunakan banyak orang di dunia. Jadi selamat menikmati deh!!!!!!!!!!!

Thursday 10 September 2009

Ayo Pakai Open Source

Kali ini saya akan ajak rekan2 untuk mulai menggunakan open source, dengan semangat 45 saya akan teriakkan "Ayo Pakai Open Source"!!!!!! Kok harus pake open source apa gak boleh pake yang berlisensi!Tidaknya tidak boleh, tapi lebih baik menurut hemat saya sih menggunakan open source, kenapa??????? Karena seperti yang kita tahu nich open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet. Ini menurut id.wikipedia.com.

Nah, kalau menurut saya pribadi sih open source singkatnya sih kode yang terbuka alias gratisssssss......tisssss....tissssssssssssss......... wkwkwkwkwkwkwkwk!!!!!!!!


Sebentar dulu tidak hanya sampai disitu nih, kita juga bebas menggunakan, mengembangkan, menyebarluaskan aplikasi tersebut tanpa harus membayar izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya. Bagaimana sudah mulai tertarik dengan open source, dalam hal ini saya hanya menggunakan contoh nyatanya adalah GNU Linux yang berbasis open source dimana dalam hal ini linux dapat kita kembangkan sering disebut dengan istilah remastering! Yang baru - baru saat ini saya dengar tentang os linux untuk paket ramadhan yang dikembangkan oleh anak bangsa sendiri, dimana untuk menjaga kekuatan puasa anda semua, situs yang dianggap berbau porno akan di tutup aksesnya. Gimana kerenkan??

Ketertarikan saya menggunakan Open Source sebenarnya dimulai saat adanya tugas kuliah mengenai remastering Linux, walaupun kala itu saya sendiri tidak mengambil mata kuliah tersebut, tapi saya juga ikutan menyaksikan bagaimana cara2 dan prosedurnya mulai dari menginstall distro linux tersebut hingga selesai. Tidak sampai disitu saja hemat saya pernah berpikir bayangkan saja jika ada 2jt manusia yang ada di Indonesia menggunakan software ber-lisensi dengan harga puluhan hingga ratusan dollar/tahunnya, bukankah lebih baik menggunakan open source!

Tapi dibalik itu semua kendala utama yang dihadapi saat migrasi ke open source adalah masalah kebiasaan, dimana kita akan mulai berlajar dari awal lagi ketika kita menggunakan open source itu masalah umumnya. Nah, jika open source ini digunakan di daerah saya (Kalimantan Tengah), akan banyak sekali kendalanya.
1. Kurangnya minat untuk menggunakan open source, karena di daerah saya hanya mencari yang praktisnya saja.
2. Misalnya seperti ini jika di kantor, kampus, lingkungan sekolah bahkan warnet masih menggunakan sofware berlisensi sedangkan kita sudah menggunakan open source. Bisa dibayangkan donk jadinya?
Ini menurut hemat saya!

Nah, sekarang saya akan bicarakan kelebihannya, secara mendasar aja deh!
1. Jarang di jumpai virus,
2. Gratis alis nggak perlu bayar,
3. Bebas di sebarluaskan
4. Bebas untuk dikembangkan.

Nah, sekarang permasalahnnya adalah siapkah anda sebagai salah satu lumbung uang bagi para penyedia sofware ber-lisensi? atau anda ingin merasakan nikmatnya saat menggunakan open source software? Pilihan ada pada anda, tapi sekali lagi saya sampaikan sudah saatnya Indonesia menggunakan open source software apalagi buatan anak bangsa sendiri! maka dari itu "Ayo Pakai Open Source". :P

Also read the following article



0 komentar: